Alasan Dinkes NTT Hanya Layani Vaksin Dalam Keadaan Darurat

oleh -53 views
Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes NTT, Erlina R. Salmun

KUPANG, BERANDAWARGA.COM—Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk sementara hanya melayani vaksin covid-19 dalam keadaan darurat (buffer) karena stok vaksin saat ini sangat terbatas.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes NTT, Erlina R. Salmun mengatakan, memang stok vaksin yang tersedia di Dinkes NTT saat ini tidak kosong tapi sangat terbatas atau dilayani hanya dalam keadaan darurat.

Baca Juga:  Stok Vaksin Covid-19 Untuk NTT Masih Aman

“Karena sangat terbatas, sehingga kalau ada darurat baru kami bisa kirim untuk kabupaten/kota yang sangat membutuhkan atau yang dalam keadaan darurat,” kata Erlina di Kupang, Senin (26/7/2021).

Menurutnya, kondisi dosis vaksin saat ini produksinya memang sangat terbatas. Stok vaksin di Dinkes NTT per 25 Juli 2021 adalah astra zeneca 132 vial atau 1.320 dosis vaksin, dan sinovac sebanyak 890 vial atau 8.900 dosis.

Baca Juga:  Akhir Tahun 2021 Pemkot Kupang Gelar Festival Sepe

“Meski stok yang ada khusus untuk provinsi, tapi tetap membantu kabupaten/kota yang memang sangat membutuhkan,” ungkap Erlina.

Lebih lanjut disampaikan, sebenarnya yang dikirim ke kabupaten/kota itu merupakan cadangan Dinkes NTT, sementara di satu sisi kuota asli ditentukan sendiri oleh kabupaten/kota.