Dekranasda NTT Gandeng Kemenhan RI Gelar Pelatihan 1.000 Ti’i Langga

oleh -130 views
Julie Sutrisno Laiskodat memperlihatkan topi Ti’i Langga yang dipegangnya

KUPANG, BERANDAWARGA.COM—Dewan Keajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggandeng Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI dengan melibatkan 100 milenial menggelar pelatihan pembuatan 1.000 Ti’i Langga, topi tradisional asal Pulau Rote.

Kelompok milenial yang dilibatkan ini berasal dari Kabupaten Kupang dan Rote Ndao. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memproduksi kerajinan industri Ti,i Langga.

Baca Juga:  Partai Demokrat NTT Deklarasi Tolak KLB Deli Serdang

Ada sejumlah alasan digelar pelatihan pembuatan Ti’i Langga, antara lain kaum milenial tidak terlalu berminat untuk menggeluti dan mengembangkan produk warisan leluhur Rote Ndao dimaksud.

Selain itu, proses pembuatannya cukup rumit tapi ketika selesai diproduksi mengalami kendala dalam hal pemasarannya. Apalagi Ti’i Langga lebih banyak diproduksi hanya untuk kepentingan adat dan acara resmi pemerintah.

Baca Juga:  Wali Kota Kupang Serahkan Empat Unit Mesin Konsentrator Oksigen

Para pelaku industri kecil menengah pembuat topi Ti’i Langga berharap, produk ini bisa menjadi primadona di daerah destinasi pariwisata yang ada di NTT. Sementara peran milenial untuk mendongkrak destinasi dinilai sangat strategis.