Guru Mesti Tahu Syarat Pembayaran Profesi

oleh -43 views
Anggota Komisi V DPRD NTT, Kristien Samiyati Pati

KUPANG, BERANDAWARGA.COM— Para guru dan kepala sekolah mengetahui sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hak- haknya seperti tunjangan profesi dan tunjangan kinerja.

Anggota Komisi V DPRD NTT, Kristien Samiyati Pati mengatakan, ketika melaksanakan tugas kedewanan dalam daerah, para guru mengeluhkan sejumlah persoalan seperti lambatnya pembayaran tunjangan kinerja dan sertifikasi.

Menyikapi persoalan dimaksud, Komisi V DPRD NTT menginisiasi menggelar rapat dengar pendapat (RDP) secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting itu menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT, koordinator pengawas (Korwas), dan ratusan kepala sekolah SMA, SMK dan SLB.

Baca Juga:  Pemilik Mobil Truck Diminta Angkut Sampah Pasca Badai Seroja

Anggota Fraksi Partai NasDem ini menyampaikan, dalam RDP dimaksud, diketahui bahwa persoalan yang disampaikan para guru dan kepala sekolah sebelumnya, tidak sepenuhnya merupakan kesalahan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tapi juga di tingkat sekolah.

Baca Juga:  Pemerintah Kota Kupang Sediakan Layanan Wifi Gratis di Rumah Ibadah

Hal ini karena ada regulasi yang mengatur tentang sejumlah aspek yang harus dipenuhi par guru dan kepala sekolah.

Kristien mencontohkan, aturan mengharuskan semua aparatur sipil negara (ASN) termasuk para guru wajib mengisi laporan harta kekayaan yang dimiliki. Juga mengisi sasaran kerja pegawai (SKP) atau yang sebelumnya dikenal daftar penilaian pelaksanaan pekejeraan (DP3) secara online.