Ombudsman NTT dan Pengadilan Tinggi Agama Kota Kupang Siap Bangun Kerja Sama

oleh -8 views
Kepala Ombudman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton menerima kunjungan Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, H. Ilham Abdullah dan.Hj.Muhayah di ruang kerjanya, Rabu (11/1/2023)

KUPANG, BERANDAWARGA.COM— Ombudsman Perwakilan Nusa Tenggara Timur dan Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kupang berencana akan membangun kerja sama yang akan diatur dalam penandatanganan nota perjanjian.

Hal tersebut mengemuka ketika Kepala Ombudman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton menerima kunjungan Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, H. Ilham Abdullah dan.Hj.Muhayah di ruang kerjanya, Rabu (11/1/2023).

“Kami berdiskusi banyak hal seputar layanan pengadilan agama dan rencana kerja sama antara Pengadilan Tinggi Agama Kupang dan Ombudsman NTT dengan ruang lingkup kerja sama yang akan disepakati kemudian serta keinginan kuat seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Agama Kupang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK),” kata Darius.

Ia menyampaikan, Pengadilan Agama memiliki peranan penting dengan core business antara lain, bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara- perkara antara orang- orang yang beragama Islam di bidang perkawinan, kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam, serta wakaf dan shadaqah.

Sedangkan Pengadilan Tinggi Agama bertugas dan berwenang mengadili perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Agama dalam tingkat banding serta mengadili di tingkat pertama dan terakhir sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Agama di daerah hukumnya (pasal 51 UU No 7/1989).

“Saya mengucapkan terima kasih  kepada seluruh tim Pengadilan Tinggi Agama Kupang atas kerja sama yang baik selama ini dan atas semua upayanya memenuhi istrumen area perubahan pelayanan publik  di lingkungan kerjanya. Tetap semangat dan teruslah melayani dengan lebih sungguh,” pinta Darius.(BW//**/jel)