Praja IPDN Harus Mulai Biasakan Diri Belajar Jadi Pemimpin

oleh -13 views
Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man ketika menerima audiens 41 Praja IPDN asal Kota Kupang di Ruang Garuda Kantor Wali Kota Kupang, Rabu (5/1/2022)

KUPANG, BERANDAWARGA.COM– Para Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) harus mulai membiasakan diri belajar jadi pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan sejak dari kampus.

Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man sampaikan ini saat beraudiens dengan 41 Praja IPDN asal Kota Kupang di Ruang Garuda Kantor Wali Kota Kupang, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga:  GP Ansor NTT Tegaskan Bom Makassar Cederai Suasana Batin Umat Kristiani

Ia menjelaskan, praja IPDN adalah para calon pemimpin. Mereka ditempah dalam lembaga pendidikan yang tidak sembarangan, dengan disiplin dan aturan yang ketat agar kelak menjadi pemimpin masa depan.

Menurutnya lembaga pendidikan dengan disiplin yang ketat seperti IPDN tentunya banyak memberi tantangan kepada para praja, yang harus mereka jawab dengan kreativitas dan inovasi baru.

Baca Juga:  Langkah Peradi Kupang Sikapi PHK Obet Gerimu

“Di kampus IPDN mereka tidak hanya memperoleh ilmu pengetahuan tapi juga dibina dalam pendidikan karakter agar memilik budi pekerti,” tandas Herman.

Ia berargumen, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain  untuk dengan sukarela melakukan apa yang diminta.

Baca Juga:  Kota Kupang Terima DTH Tahap I Seroja Rp391,5 Juta

Untuk menjadi seorang pemimpin, minimal harus memiliki empat unsur yakni kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sensitivitas atau kepekaan terhadap kebutuhan lingkungan sekitar, serta legalitas.